Sunday, July 5, 2009

Sukses, Penyelenggaraan Roadshow Blogshop Kompasiana di Cikarang

spanduk_Roadshow

Hari Minggu pagi (5/7), sehari setelah kedatangan saya kembali dari Singapura, saya kembali menghadapi aktifitas baru bersama kawan-kawan komunitas Cimart Cikarang untuk menyelenggarakan acara Roadshow Blogshop perdana Kompasiana yang akan digelar di Restoran Sami Kuring Cikarang. Karena pada saat yang sama istri saya menghadiri acara arisan ibu-ibu, maka saya dan si sulung Rizky yang mendampingi menuju ke Samikuring. Saya memakai baju kaos Cimart dan Rizky mengenakan kaos komunitas blogger Makassar, Anging Mammiri.Tiba di lokasi, sekitar pukul 09.00 pagi, hampir semua kursi sudah diisi oleh peserta blogshop yang berjumlah 36 orang. Saya menyapa sejumlah rekan-rekan panitia, seperti Pak Eko Eshape, Pak Afrizal Direktur Cimart, Pak Ceppi, Pak Arry Kurnia, Pak Rawi, Pak Wawan dan Pak Ruwi. 3 rekan blogger Kompasiana yang berdomisili di Bekasi juga datang mendukung acara ini yaitu Mas Aris Heru Utomo, Mas Yulyanto dan Om Jay.

Saya lalu mengambil tempat dimeja belakang, dan menyiapkan si Delliana--laptop Dell D630--untuk dipakai Rizky bermain game. Setelah itu saya sendiri membuka si Delliani--Netbook Dell Inspiron Mini 9--yang segera menangkap dengan cepat sinyal Wi-Fi di Samikuring yang disiapkan oleh NetComm dan CommNet Cikarang. "Lho, ini kok terbalik Mas? Yang kecil main di laptop besar dan bapaknya malah pake laptop kecil," seloroh Pak Rawi pada saya. Kami lalu tertawa berderai.

Tak lama kemudian, rombongan Kompasiana datang antara lain Mas Okky (Marketing Communication Kompas dot com) dan Mas Iskandar Zulkarnaen (admin Kompasiana) tiba di lokasi acara. Mereka disambut oleh jajaran panitia dan pengurus Cimart.

Acara dimulai dengan sambutan Pak Mas'ud, Ketua Panitia Blogshop dipandu oleh Pak Eko Eshape yang bertindak sebagai Master of Ceremony yang kocak, cekatan dan bersemangat. Pak Mas'ud, yang antara lain menyampaikan terimakasih kepada beberapa sponsor acara termasuk Kompasiana yang berkenan menjadi mitra strategis Cimart dalam penyelenggaraan acara ini.

Setelah Pak Mas'ud, tampil kemudian Pak Afrizal (Direktur Utama Cimart) yang menyampaikan sejarah berdirinya komunitas bisnis berbasis ekonomi kerakyatan ini yang awalnya dari diskusi online di milis Cikarang Baru. Komunitas ini berkembang sangat pesat dan telah memiliki toko sembako sendiri serta sub-divisi lain yakni Cimart Band, MasterMind Club dan Bicycle Club. "Ini berkat sinergi positif sesama anggota yang memungkinkan mimpi-mimpi menjadi kenyataan," kata Pak Afrizal dengan mata berbinar. "Acara ini," tambah pebisnis yang bergerak di bidang penjualan baju muslim ini, "menjadi momentum berharga untuk memperkenalkan Cimart pada masyarakat".

Setelah uraian presentasi dari Pak Afrizal, Mas Iskandar tampil membawakan materi "Merambah Belantara Blog". Materi yang disampaikan tidak hanya berkisar tentang pengenalan blog serta fenomena blogging di Indonesia namun juga bagaimana cara mengakses dan berkontribusi tulisan di Kompasiana.

Peserta terlihat sangat antusias dengan memberikan rangkaian pertanyaan kepada Mas Iskandar termasuk tentu saja bagaimana cara membuat blog baru di Wordpress. Untunglah koneksi internet Hot Spot yang disiapkan di restoran Sami Kuring ini sangat cepat, sehingga bukanlah sebuah masalah besar untuk melakukan jelajah situs bahkan membuat blog sendiri secara "on the spot" disana. Para peserta blogshop yang kebanyakan sudah "mempersenjatai" diri sendiri dengan laptop masing-masing, menikmati fasilitas koneksi internet gratis dan cepat itu sekaligus belajar ngeblog.

Usai Mas Iskandar menyajikan materi, giliran saya tampil memberikan sharing/testimoni pengalaman saya selama ngeblog sejak tahun 2003. Pada dasarnya apa yang saya ungkapkan kurang lebih sama dengan yang pernah saya tulis diblog (berjudul: Menulis, Blogging dan Pergaulan Virtual).




Usai Mas Iskandar menyajikan materi, giliran saya tampil memberikan sharing/testimoni pengalaman saya selama ngeblog sejak tahun 2003. Pada dasarnya apa yang saya ungkapkan kurang lebih sama dengan yang pernah saya tulis diblog (berjudul: Menulis, Blogging dan Pergaulan Virtual).

Pada kesempatan itu pula diluncurkan Blog Agregator Komunitas Blogger Cikarang yang beralamat di www.bloggercikarang.org. Selain itu ada kontes komentar terbaik di Blog Cimart, dimana disediakan hadiah Kaos Cimart bagi komentator terpilih. Ternyata tidak berhenti hanya disitu, Restoran Sami Kuring, melalui sang owner Mas Wisnu, yang juga aktifis Cimart, memberikan voucher makan gratis di Restorant Samikuring senilai Rp 50,000 bagi penulis posting terbaik tentang koneksi hot spot di Samikuring dan meninggalkan jejak link di blog restorant tersebut.




Saat acara makan siang, hadirin dihibur oleh penampilan Cimart Band yang dimotori oleh Pak Sulis, Pak Ruwi, Pak Rawi dan pemilik restoran Sami Kuring, Mas Wisnu. Saya tampil duet bersama Pak Ruwi (pemilik kursus musik Jimmy Manoppo Cikarang) membawakan lagu andalan saya "My Way". Yang menggelikan adalah, saat sedang asyik menyanyi, si Rizky melintas didepan panggung sambil bawa piring makanan seraya berseru lantang,"Papa makan dulu dong, jangan nyanyi melulu!". Celetukan Rizky disambut tawa oleh para kru band Cimart.

Setelah istirahat makan siang selesai, dilanjutkan dengan materi "Kiat Menulis Cepat, Efektif dan Bermanfaat" oleh Kang Pepih Nugraha, jurnalis senior Harian Kompas dan juga admin di Kompasiana. Materi menarik ini disajikan secara interaktif oleh Kang Pepih termasuk menyajikan contoh-contoh praktisnya. Beberapa peserta Blogshop antusias bertanya mengenai kiat-kiat menulis diblog.

Akhirnya, sekitar pukul 15.30 acara Blogshop yang merupakan Roadshow perdana Kompasiana ke sejumlah kota di Indonesia ini ditutup dengan prosesi penyerahan sertifikat serta Goodie bag dari Kompasiana. Kepada Kang Pepih, Mas Iskandar dan Mas Okky, pihak Panitiapun menyerahkan kaos Cimart sebagai tanda ucapan terimakasih atas partisipasi Kompasiana bermitra bersama komunitas Cimart dalam penyelenggaraan Blogshop ini. Seperti biasa, menjelang bubar, acara pamungkas adalah foto bersama.

Semoga acara-acara konstruktif serupa dapat digelar kembali di Cikarang.

Bravo Kompasiana!, Bravo Cimart!

3 comments:

  1. kemarin saya cuma kebagian gurame asam manis dan sambel aja, emang cuma itu atau udah habis ya....????

    ReplyDelete
  2. Mantap Acaranya, Hebat Band nya..kreatif pesertanya, Kereennn kompasiana nya.

    Udah abis Pak..saking enaknya. Saya juga kebagian yang sama...Bozz SK nya malah nggak kebagian...Selanjutnya pesenan khusus Nasi Goreng

    ReplyDelete
  3. Salam

    Pak Rawi, ini kayaknya bahan evaluasi untuk panitia deh

    Anggaran makan hanya untuk sekitar 40 orang kalau gak salah, sementara yanghadir lebih dari 60 orang tuh

    Kasihan mas Nu jadi tombok...

    ReplyDelete